Metode Pengajaran untuk Special Needs Child

Dalam sebuah keluarga rasanya tidak lengkap jika memiliki seorang anak. Seiring berjalannya waktu, sang anak ternyata tumbuh tidak optimal seperti pada anak umumnya. Tidak tumbuh optimal contohnya anak menyandang autism, hiperaktif, dan lainnya yang sering disebut anak-anak spesial.

Jangan lelah dan bersedih hati ya, ayah bunda…

Cobalah kita lihat dari sisi baiknya, anak yang memiliki kebutuhan khusus memiliki keistimewaan tersendiri. Anak akan lebih cepat pandai untuk menghafal suatu pelajaran walaupun kondisi si anak terlalu aktif dalam segala hal. Dalam mengajar sesuatu pada anak berkebutuhan khusus, penting untuk memilih strategi pengajaran tertentu yang di anggap paling efektif. Pemilihan Ini akan tergantung pada gaya belajar dan materi yang diajarkan.

Sebagai cerita adalah seorang anak yang berinisial A, ia adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus, dan A selalu aktif dalam belajar dengan cara nyamannya sendiri dalam belajar.

Foto: gaya A saat belajar

Berikut berbagai metode pengajaran yang umum di gunakan dalam pengajaran anak kebutuhan khusus yaitu:

  1. Communication

Kemampuan komunikasi setiap individu akan mempengaruhi proses dan hasil belajar yang bersangkutan dan membentuk kepribadiannya. Proses ini dapat mencakup keterampilan verbal dan non-verbal, serta berbagai jenis simbol (katr, faco, gambar).

2. Task Analisis

Analisis tugas adalah prosedur dimana tugas-tugas dipecah kedalam rangkaian komponen bagian kecil satu tujuan akhir atau sasaran. Analisis tugas dimaksudkan untuk mendeskripsikan tugas-tugas yang harus dilakukan ke dalam indikator-indikator kompetensi. Berdasarkan analisis tugas ditentukan kompetensi-kompetensi apa yang diperlukan, sehingga dapat pula diketahui apakah seorang siswa telah melakukan tugasnya sesuai dengan kompetensi yang dituntut kepadanya.

3. Direct Instruction

Intruksi langsung adalah metode pengajaran yang menggunakan pendekatan selangkah-selangkah yang terstruktur dengan cermat, dalam instruksi atau perintah. Metode ini memberikan pengalaman belajar yang positif dengan demikian dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi untuk berprestasi. Pelajaran disampaikan dalam bentuk yang mudah dipelajari sehingga anak mencapai keberhasilan pada setiap tahap pembelajaran. Sintaknya adalah orientasi, presentasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, refleksi, latihan mandiri, dan evaluasi.

4. Prompts

Prompt adalah setiap bantuan yang diberikan pada anak untuk menghasilkan respon yang benar. Prompts memberikan anak informasi tambahan atau bantuan untuk menjalankan instruksi

Sangat penting dalam memilih strategi dan metode pengajaran dalam mengajar pada anak berkebutuhan khusus.Untuk itu seorang guru harus dapat melilih strategi dan metode pengajaran yang paling efektif untuk anak berkebutuhan khusus.

Penulis : Zuliyati, S.Pd