Tips Mengajar untuk Pendidik Autisme

Penyusun: Laela Rose Octavianti, S.Pd

Mengajar adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa, sehingga terjadinya proses belajar.  Kegiatan mengajar dilakukan oleh pengajar yang dilaksanakan secara formal ataupun non formal dengan begitu siswa nya juga beraneka ragam dari yang biasa sampai yang luar biasa yaitu anak berkebutuhan khusus, salah satunya anak autis. Anak yang biasa saja ketika sedang melakukan kegiatan pembelajaran mereka masih ada yang tidak memahami apa yang sedang dipelajari, maka dari itu untuk anak autis mereka memerlukan cara khusus atau cara yang lebih istimewa dari biasanya yang dilakukan pada anak-anak ketika sedang melakukan kegiatan belajar. Dalam upaya meningkatkan kemampuan anak dalam belajar, maka kita juga harus meningkatkan cara mengajar kita yang dapat kita lakukan sebagai berikut, antara lain:

  • Suasana belajar fun

Anak autis memerlukan perilaku istimewa salah satunya yaitu untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif ketika sedang belajar sehingga si anak tetap dapat belajar mendapatkan ilmu dengan suasana hati yang baik dan dapat menyerap apa yang dipelajari.

  • Waktu belajar yang baik

Pilihlah waktu-waktu belajar yang sesuai dengan anak, buatlah jadwal kegiatan anak yang dilakukan secara berkala sehingga anak dapat mengingat bahwa ketika di waktu tertentu mereka akan bertemu gurunya dan akan melakukan kegiatan belajar

  • Presentasi yang menarik

Dalam kegiatan belajar mengajar, tidak perlu ceramah menjelaskan semua materi secara langsung yang akan membuat suasana menjadi membosankan dan membuat ngantuk anak. Jelaskanlah materi yang akan dipelajari dengan memasukan contoh di kehidupan sehari-hari atau gunakanlah alat bantu yang fungsional sehingga pengajaran yang dilakukan lebih efektif dan membuat anak tertarik mengikuti pembelajaran

  • Amati cara belajar anak

Dalam mengajar, sebaiknya kita melakukan komunikasi dua arah yaitu murid memperhatikan kita ketika sedang mengajar maka kita memperhatikan murid ketika belajar. Kita buat catatan kecil untuk perkembangannya selama mengikuti pembelajaran yang kita berikan. Dengan begitu, kita juga dapat memahami dimanakah si anak merasa kesulitan memahami materinya.

  • Mengulang kembali

Kegiatan ini dilakukan karena anak autis memerlukan pengulangan kembali agar pembelajaran yang dilakukan dapat bermanfaat dan ilmunya dapat terserap oleh anak sehingga anak dapat mengingatnya dan mengamalkannya.