Bolehkah Memperkenalkan Buku Pada Anak Usia Dini


Oleh: Pak Tama

    Anak usia dini sering disebut juga sebagai fase golden age. Yups! Mereka sangat mudah menyerap atau menerima apapun yang didengar, dilihat dan dirasakan. Singkatnya anak usia dini sangat mudah menerima hal baru. Penelitian menyimpulkan anak yang termasuk usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun. Mereka masih memiliki pola pertumbuhan dalam kognitif, bahasa, sosial, kreatifitas, komunikasi dan fisik.
    Karena kemampuannya yang luar biasa tersebut, sangat penting untuk orang tua membiasakan hal yang baik serta bermanfaat untuk kemampuannya di masa depan. Salah satu kebiasaan yang baik adalah dengan memperkenalkan buku pada anak. Anak usia dini sangat dianjurkan untuk membiasakan dirinya berdampingan dengan buku.
Mengenal Kosa Kata
Membacakan buku pada anak dapat menambah kosa kata serta meningkatkan kemampuan komunikasinya. Anak yang dibiasakan mendengarkan cerita dan membaca buku akan memiliki lebih banyak kata untuk berkomunikasi dibanding anak yang tidak pernah didengarkan cerita atau membaca buku.
Mengembangkan Kemampuan Kognitif
Pembiasaan membacakan buku pada anak dapat mengembangkan kemampuan kognitifnya. Cukup sering kita melihat anak hanya diam saat mendengarkan cerita. Sebenarnya itu adalah saat yang tepat untuk melatih kemampuan berpikirrnya. kita dapat mengajukan pertanyaan tentang nama, warna, bentuk dan bagian cerita. Buatlah aktifitas membaca menjadi menyenangkan.
Mengasah Keterampilan Mendengar
Salah satu keterampilan yang sangat penting dikuasai oleh anak adalah keterampilan mendengar. Dengan seringnya anak mendengarkan cerita, Ia akan menjadi individu yang dapat mendengarkan saat orang lain berbicara. Kemampuan Ini sangat penting untuk bekalnya dimasa depan.
Mempererat Hubungan Orang Tua dan Anak
Membaca buku bersama orang tua akan menjadi hal yang sangat menyentuh bagi si anak. Ia akan merasa dicinta, diperhatikan dan membantunya untuk tumbuh cerdas. Membaca Bersama orang tua dapat menumbuhkan keakraban dan akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi si anak dan orang tua.
    Orang tua dapat menyesuaikan buku yang cocok untuk anak sesuai usianya. Pilihlah buku yang dapat merangsang sensori, menumbuhkan keingintahuannya, Mengembangkan imajinasinya dan buatlah aktifitas membaca menjadi sangat menyenangkan sehingga anak akan menjadikan membaca aktifitas favoritnya hingga dewasa.