Mengatasi Anak Memberontak

Oleh : Abdullah Fathu
Para orangtua memiliki sikap yang berbeda-beda dalam menyikapi anak mereka yang memberontak. Ada orangtua yang panik ketika anak mereka memberontak sehingga mereka mengambil jalan pintas dalam menyikapi anak mereka dengan membentak atau memarahi, tentu ini bukan cara yang baik. Ada pula orangtua yang dapat bersikap tenang dan mencari penyebab anak memberontak, sikap inilah yang seharusnya para orangtua lakukan, karena untuk dapat mengatasi anak memberontak tentu orangtua harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab anak memberontak sehingga mendapatkan solusinya. Anak yang memberontak adalah anak yang merasa tidak nyaman dengan suatu kondisi dan menunjukkan rasa ketidaksetujuannya dengan sesuatu, namun apa yang menyebabkan merasa atau berperilaku seperti itu? Berikut beberapa penyebab anak memberontak;


Perbedaan sikap kedua orangtua
Kedua orangtua tentu sangat ingin mendidik anak mereka dengan baik, namun hal yang sering keliru adalah ketidaksamaan cara atau prinsip ayah dan ibu dalam mendidik anak. Ayah menanamkan nilai-nilai dengan cara A, Ibu menanamkan prinsip dengan cara B. Hal ini akan membuat sang anak bingung karena harus mengikuti kemauan kedua orangtuanya yang berbeda, sehingga dampak dari kebingungan ini dapat menghasilkan sikap memberontak  pada sang anak. Jika sudah terjadi seperti ini, kedua orangtua harus sepakat untuk menentukan prinsip atau nilai-nilai yang bagaimana yang harus diterapkan pada anak. 

Orang tua bersikap tidak adil
Sikap tidak adil pada orang tua biasanya terjadi dalam hal pemberian kasih sayang pada anak-anaknya. Orangtua yang memiliki anak lebih dari satu harus cukup bijak dalam menunjukkan rasa kasih sayang kepada semua anak-anaknya dengan adil. Rasa cemburu sudah menjadi naluriah manusia, apalagi anak-anak yang belum cukup memiliki kedewasaan pikiran. Orang tua yang bersikap tidak adil dalam menunjukkan kasih sayangnya pada anak dapat membuat sang anak iri dan pengekspresian rasa ketidakadilan itu dapat memunculkan perilaku memberontak.

Sikap Kaku dari Orangtua
Pendidikan atau pengasuhan orangtua merupakan hal penting untuk membuat anak memiliki perilaku baik. Tidak sedikit para orangtua yang memiliki sikap kaku dalam mendidik anak mereka, orangtua yang terlalu otoriter, hanya memiliki kehendak sendiri, anak harus mengikuti semua perintah orangtuanya tanpa ada kompromi atau komunikasi dengan sang anak. Ada kalanya orangtua juga harus meminta pendapat sang anak, berkomunikasi dengan anak untuk mencari titik temu. Orang tua yang bersikap kaku tersebut akan membuat anak tidak suka dan merasa tidak nyaman sehingga mendorong anak berperilaku memberontak. 

Add comment


This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.