Permainan yang dapat melatih imajinasi, kognitif, dan kreativitas pada anak ABK

Penyusun :    Muhammad Fatkhurrahman, S.Pd

Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak berkebutuhan khusus, dengan bermain juga dapat menunjang tumbuh kembang pada anak berkebutuhan khusus.

Saat memilih mainan untuk autisme wajib menyesuaikan dengan kemampuan perkembangan anak sesuai dengan usianya. Hal ini mendorong anak berekplorasi dan mengurangi resiko frustasi atau tantrum saat bermain.

Pada anak berkebutuhan khusus Autisme sangat sulit dalam memusatkan perhatian, memahami konsep abstrak, dan belajar seperti anak-anak lainnya.

Berikut ini beberapa pilihan permainan yang dapat dimainkan dirumah untuk anak berkebutuhan khusus Autisme antara lain :

  1. Bermain Puzzle

Puzzle merupakan cara mudah dan menyenangkan untuk melatih fungsi kognitif anak , permainan ini juga dapat membantu otak anak anda untuk berfikir lebih keras dalam memecahkan sesuatu masalah agar anak tidak mudah menyerah dalam melakukan suatu tantangan permainan apapun di masa remajanya.

  • Bermain Balok Susun

Balok susun merupakan permainan dasar yang dikenal luas untuk merangsang pertumbuhan anak, terutama kreativitas, kemampuan berfikir secara baik,serta melatih kemampuan anak bersosialisasi.

  • Bermain menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai merupakan permainan untuk mengenalkan perbedaan warna dan melatih kemampuan motorik halus pada anak. Dalam permainan ini anak juga dapat berimajinasi sesuai dengan kreativitasnya masing-masing anak.

  • Bermain Kartu bergambar (Flash Card)

Kartu bergambar merupakan permainan yang merangsang daya ingat anak untuk mengenal angka, huruf, hewan, bunga, dll.

  • Bermain Lilin mainan atau Plastisin

Lilin mainan atau Plastisin merupakan permainan edukasi yang membantu gerak motorik anak agar berkembang lebih baik serta merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak dalam bermain Plastisin dalam membuat bentuk suatu objek yang diinginkan anak dan dapat bermain tebak warna serta dapat memilih warna kesukaan anak.

  • Bermain Lego

Lego merupakan kreasi permainan yang membangun suatu bangunan dan bentuk, lego juga dapat membantu melatih koordinasi antara mata dan tangan serta meningkatkan daya konsentrasi anak.

  • Bermain boneka tangan

Boneka tangan merupakan media permainan untuk menenangkan diri anak dengan cara memeluk boneka tersebut, Boneka tangan ini juga bisa dapat digunakan untuk media yang menceritakan suatu dongeng dan dapat melatih anak untuk bercerita sesuai dengan imajinasi anak.

Add comment


This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.