Melatih Life Skill pada Anak dengan Berkebutuhan Khusus

Penyusun : Anisa Dinda Ayu Nandary S.Psi

Life skill atau kecakapan hidup sangat di perlukan dan dibutuhkan oleh setiap individu agar berdaya dan mampu untuk melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan life skills dapat di ajarkan sejak dini pada anak begitu pula pada anak dengan berkebutuhan khusus. Life skills merupakan kegiatan wajib sebagai upaya pembekalan bagi anak untuk jangka panjang. Tujuan dari pemberian aktivitas life skills pada anak dengan berkebutuhan khusus membantu anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari, membantu anak menjadi lebih mandiri, lebih bertanggung jawab dan mampu memberdayakan anak dengan mengembangkan kemampuan yang  dimiliki hingga pada nantinya akan membantu anak beradaptasi di dalam masyarakat dan membantu anak beradaptasi dalam memasuki dunia kerja.

Kemampuan life skill dapat meliputi (Yuli Tondang, 2021)

  • Kemampuan bantu diri (self help)

Kemampuan bantu diri dapat diajarkan pada anak sejak dini. Aktifitas yang dapat di ajarkan kepada anak seperti mandi, menggosok gigi, buang air besar atau buang air kecil, memakai pakaian, makan dan minum dengan mendiri.

  • Kegiatan rumah

Kegiatan harian di dalam rumah juga dapat menjadi alat bantu untuk melatih life skills anak. Kegiatan yang dapat orangtua berikan berkaitan dengan tanggung jawab pemeliharaan rumah seperti mencuci piring, menyapu, mengepel, memasak, merapihkan tempat tidur, menyiram tanaman. Kegiatan harian di dalam rumah juga dapat membantu menumbuhkan kelekatan antara anak dengan orangtua, anak dengan saudara/i-nya ataupun dengan orang disekitarnya, dengan melibatkan anak pada setiap kegiatan banyak membantu anak merasa lebih dipercaya.

  • Kemampuan berwirausaha

Kemampuan berwirausaha juga perlu diajarkan pada anak dengan berkebuthan khusus, hal tersebut membantu memberdayakan anak (Ibnu Saymsi, 2010). Pentingnya anak dengan berkebutuhan khusus memiliki kemampuan berwirausaha (Krisnan, 2021) yaitu anak belajar mengenali peluang, anak belajar kemandirian, anak belajar mengembangkan kreativitas, anak menjadi lebih produktif.

  • Kemampuan sosial

Kemampuan sosial juga perlu di miliki oleh anak, hal tersebut dapat membantu melatih kemampuan komunikasi anak dengan orang disekitarnya. Tidak hanya melatih kemampuan komukasi, tetapi juga melatih kemampuan bekerja sama dengan orang lain.

  • Kemampuan memecahkan masalah

Kemampuan memecahkan masalah sangat penting dimiliki anak, hal ini berkaitan dengan bagaimana anak menyelesaikan sebuah permasalahan. Dalam memecahkan masalah, anak juga berlatih dalam membuat atau mengambil keputusan. Pembuatan ataupun pengambilan keputusan didasari oleh informasi yang dimiliki dan pengalaman di dalam kehidupan sehari-hari oleh anak.