Mencegah Tantrum pada Anak Autisme Ketika Berpergian dengan Social Story

Penyusun : Muhamad Santoso, M.M.

Social story merupakan cerita pendek yang dapat digunakan untuk membantu penderita autisme dalam menafsirkan dan memahami situasi sosial serta dalam menentukan suatu respon dengan tepat dalam gaya dan format yang ditetapkan secara khusus (Gray, 1997). Social story dapat berupa tulisan ataupun visual yang dapat menggambarkan berbagai interaksi sosial, situasi, keterampilan, konsep serta perilaku yang umum pada masyarakat dengan tujuan berbagi informasi sosial yang akurat, meyakinkan dan mudah dimengerti oleh anak penderita autisme.

Berikut ini cara pembuatan social story sebelum melakukan perjalanan :

  • Menentukan tempat yang akan dikunjungi

Sebelum melakukan perjalanan hendaknya memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada anak tentang tempat/lokasi yang akan dikunjungi. Tujuannya agar anak tidak merasa bingung akan diajak pergi kemana.

  • Toilet training

Sebelum berpergian sebaiknya anak dibiasakan untuk toilet training terlebih dahulu agar sepanjang perjalanan anak akan merasa nyaman tanpa harus menahan untuk buang air kecil/besar.

  • Alat transportasi apa yang akan digunakan untuk pergi ke lokasi tersebut

Berikan penjelasan kepada anak, ketika pergi ke tempat/lokasi tersebut menggunakan alat transportasi apa saja.

  • Dengan siapa saja anak tersebut akan pergi

Berikan penjelasan kepada anak, nanti akan pergi dengan siapa saja, misalkan dengan ayah, ibu, adik dan kakaknya.

  • Ketika sampai di tempat tujuan, tempat apa saja yang akan dikunjungi

Berikan penjelasan kepada anak ketika sampai di tempat tujuan akan melihat apa saja, contoh ketika pergi ke kebun binatang kita akan melihat berbagai jenis binatang dan setelah selesai melihat binatang kita akan melanjutkan ketempat lain misalnya ke restoran untuk makan siang.

  • Kembali pulang kerumah

Setelah selesai semuanya berikan penjelasan kembali kepada anak nanti akan pulang kerumah dengan menggunakan alat transportasi apa saja.

  • Diberikan catatan

Pada akhir social story berikan catatan seperti, “jika selama perjalanan marah-marah atau tidak tertib kita akan kembali pulang kerumah dan tidak melanjutkan perjalanan”. Tujuannya agar anak memahami selama perjalanan tidak marah-marah dan tetap tertib.