Penyusun : Afifah Nurul Karimah, S.Psi
Menggambar adalah proses alami yang akan dilewati oleh semua anak. Sejak bayi, anak-anak mulai bereksperimen dengan alat menggambar dan membuat tanda di atas kertas, dan seiring perkembangan mereka, tanda yang digambarkan mulai memiliki makna. Menggambar pada akhirnya menjadi cara anak mengekspresikan pemahamannya tentang dunia dan semua hal yang penting baginya.
Selama periode awal perkembangan anak, penting untuk fokus pada proses bukan pada hasil. Tidak perlu mengajari anak menggambar secara formal. Cara terbaik untuk mengajari mereka adalah dengan memberi mereka kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka lewat menggambar bebas.
Seiring pertumbuhannya, gambar mereka akan menjadi lebih detail dan mencerminkan dunia di sekitar mereka. Hindari memberikan model bagi anak-anak untuk meniru dan membatasi mereka berekspresi dalam menggambar, dampaknya akan menghilangkan kreativitas alami dalam diri mereka.
Menggambar adalah kegiatan penting selama masa-masa prasekolah, diantara beberapa manfaatnya sebagai berikut :
– membangun keterampilan motorik halus anak
– mengembangkan koordinasi tangan-mata
– mengembangkan ekspresi kreatif melalui gambar bebas
– menjadi dasar dari keterampilan pra-menulis
– membangun rentang perhatian anak
– mengembangkan pemahaman konsep pada aspek kognitif
Berikut juga tahapan menggambar anak pada usia 1-8 tahun :
- Tahap Scribble (0-3 tahun)
Biasanya menggambar dengan coretan acak. Anak-anak mengeksplorasi bahan menggambarnya dengan cara yang menyenangkan. Coretan bergerak dari tidak terkontrol menjadi semakin terkontrol.
Tahap ini memungkinkan anak belajar memegang pensil sekaligus menentukan apakah mereka kidal atau tidak.
- Tahap Pra-Skema (2-4 tahun)
Gambar menjadi lebih kompleks, meskipun biasanya tidak realistis. Anak-anak akan cenderung menggunakan warna favorit mereka, daripada merepresentasikan objek dengan warna yang akurat. Gambar orang sangat sederhana dengan beberapa fitur. Pada tahap ini, anak-anak terus mengembangkan peningkatan koordinasi tangan-mata, perkembangan motorik halus dan kasar, dan kepercayaan diri.
- Tahap Skema (5-8 tahun)
Gambar orang menjadi lebih proporsional dan detail. Warna menjadi lebih realistis dan sesuai dengan stereotip pada umumnya (rumput berwarna hijau, langit berwarna biru). Anak-anak memiliki skema tentang cara menggambar. Misalnya, sebuah rumah akan digambar dengan cara yang sama pada banyak gambar yang berbeda. Anak-anak akan sering membuat cerita untuk menjelaskan gambar mereka. Pada tahap ini, anak-anak akan mengembangkan keterampilan penting untuk seni, sains dan matematika.