Tips Ajak Anak Menulis

Penyusun : Laela Rose Octaviani, S.Pd

Menulis memerlukan konsentrasi dan koordinasi antara jari tangan, pikiran dan mata. Pada umumunya, anak-anak di masa taman kanak-kanak melakukan latihan menulis dengan melemaskan jari dan merangsang jari-jari tangan melalui meremas, merobek, memegang benda pipih, memegang mainan, dan lainnya hingga pada tahapan mencoret-coret pada kertas kosong, lalu mengikuti garis dan bentuknya dan lain-lain. Lalu untuk anak autistik, apa yang harus dilakukan sebagai bentuk latihan menulis?

Banyak sekali anak-anak autistik yang tidak mau atau belum bisa untuk menulis. Ada juga anak yang baru melihat pensil saja menangis. Ada juga anak yang maunya hanya menggunakan pensil untuk menggambar, ketika menulis huruf atau angka tidak mau. Ada beberapa langkah yang dapat diguanakan sebagai latihan menulis.

  • Melihat video

Berikanlah contoh video yang menarik yang dimana isinya berisi penulisan huruf, cerita huruf dan lainnya. Sehingga anak akan dilatih melihat bentuk-bentuk huruf.

  • Membuat huruf pada objek yang menarik

Misalnya pada kumpulan water beads, lalu kita buat bentuk huruf menggunakan kuas, nantinya akan terlihat huruf tersebut yang diselimuti oleh water beads.

  • Membentuk huruf dengan cetakan

Dengan menggunakan cetakan, hal ini memudahkan anak dalam membuat dan menulis huruf-huruf dasar, sehingga hal ini menjadi latihan anak dan ketika dilakukan secara terus menerus diharapkan anak sudah bisa menuliskannya tanpa menggunakan cetakan.

  • Media yang disukai

Banyak media yang dapat digunakan dalam menulis, seperti papan tulis, buku, dan lainnya. Berikanlah pilihan tersebut kepada anak, bagaimana dia nyaman untuk menulis dan tekunilah. Jika pada satu media sudah dirasa sangat memuaskan, coba kenalkan media yang lain.

Tidak ada sesuatu yang instan, bahkan banyak perubahan yang membutuhkan waktu yang lama. Tetapi janganlah melihat bahwa waktu yang lama itu tidak berguna karena hasil yang belum maksimal, tetapi lihatlah bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Jika dibandingkan dengan awal sebelum proses, maka hasil yang sedikit pun menjadi bermakna.