Growth Mindset dan Cara Megembangkannya dalam Proses Pembelajaran

Penyusun : Imarotul Masiroh, S.Psi

Setiap individu memiliki pola pikir atau mindset yang merupakan hasil belajar dari segala input yang ia terima baik dari lingkungan keluarga, sekolah atau masyarakat secara luas. Pola pikir akan mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan seseorang seperti bagaimana cara mereka memandang tantangan, kesulitan atau kegagalan serta mengambil keputusan. Pola pikir yang keliru dapat menjadi hambatan bagi kesuksesan seseorang. Menumbukan pola pikir yang mengarahkan pada kemajuan yang disebut dengan growth mindset perlu untuk terus dilakukan, khususnya dalam kegiatan belajar. Guru sebagai pendidik perlu memahami dan menerapkan konsep growth mindset dalam kegiatan belajar. Sehingga diharapakan siswa lebih siap menjalani proses-proses yang perlu dilalui dalam usaha mencapai tujuan mereka.

Carol Dweck dalam bukunya yang berjudul “Mindset” menjelaskan growth mindset adalah keyakinan bahwa potensi seseorang dapat dikembangkan melalui usaha. Seseorang dengan growth mindset tidak takut mengalami kegagalan dan meyakini bahwa mereka akan terus berkembang melalui dedikasi dan kerja keras. Berbeda dengan fixed mindset yang meyakini bahwa kualitas atau potensi seseorang seperti sesuatu yang terukir dibatu. Seseorang dengan fixed mindset meyakini bahwa mereka memiliki sejumlah kemampuan tertentu dan terbatas sehingga takut membuat kesalahan dan mengalami kegagalan.

Dalam kegiatan belajar, siswa dengan fixed mindset cenderung mudah menyerah pada masalah yang menantang atau mungkin menyontek dalam upaya untuk mendapatkan nilai tinggi. Sedangkan siswa dengan growth mindset secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran (Dweck, 2006). Lebih lanjut Dweck menjelaskan dengan mengajarkan siswa tentang growth mindset dan cara menumbuhkannya, guru dapat meningkatkan kemajuan akademik siswa.

Berikut ini adalah beberapa langkah mengenalkan dan mengembangkan growth mindset dalam kegiatan belajar yang dikutip dari  Nguyen & Doan (2020).

  • Pada rentang waktu tertentu seperti pada tahun ajaran baru, berikan kesempatan bagi siswa untuk refleksi diri tentang kemajuan yang telah mereka peroleh dalam mencapai tujuan mereka. Biarkan mereka menyusun dan merevisi rencana tindakan untuk mencapai tujuan mereka.
  • Menampilkan poster-poster yang menunjukkan definisi dan konsep growth mindset sebagai pengingat pola pikir yang harus dimiliki siswa di kelas. Pertimbangkan juga meminta siswa untuk membuat poster yang menyajikan apa yang mereka pahami tentang growth mindset dan fixed mindset.
  • Merayakan kemajuan. Jika memungkinkan, tambahkan kemampuan siswa menunjukan growth mindset dalam kriteria penilaian. Ketika guru memberi penghargaan atau pujian secara terbuka kepada siswa yang menunjukan perilaku yang menggambarkan growth mindset, tindakan ini akan membantu memperkuat growth mindset di kalangan siswa.
  • Ciptakan standar  pencapaian belajar  dan suasana kelas yang tidak menghakimi. Siswa perlu menyadari bahwa mereka ditantang untuk mencapai standar tertentu, tetapi pada saat yang sama, mereka juga akan mendapatkan dukungan dari guru dan rekan-rekan mereka.
  • Pujilah perilaku siswa, bukan karakteristik mereka—misalnya, katakan, “Itu adalah pilihan yang cerdas” alih-alih “Kamu sangat pintar.”
  • Fokus pada kemajuan, bukan hasilnya. Alih-alih mengatakan, “Ya, itu benar,” katakan, “Saya perhatikan kamu mencoba mengecek cara pengerjaan pada latihan sebelumnya, dan pada akhirnya kamu mendapatkan jawaban yang benar!”
  • Doronglah siswa dengan menambahkan kata “belum” pada komentar negatif yang mereka buat. Misalnya, jika seorang siswa berkata, “Itu terlalu sulit. Saya tidak bisa melakukannya,” dapat diubah menjadi kalimat “Saya belum bisa melakukannya.”
  • Mengakui tantangan dan selalu mengingatkan siswa bahwa kesalahan adalah bagian normal dari pembelajaran.
  • Berikan kritik yang membangun dengan menghargai usaha siswa. Contohnya dengan mengucapka  “Mari kita diskusikan tentang apa yang telah kamu lakukan dan apa yang dapat dicoba selanjutnya.”

Referensi:

Dweck, C. S. 2006. MindsetThe new psychology of success. New York: Random House.

Doan, Nguyen dan Hanh Nguyen. 2020. Embracing the Growth Mindset in the Classroom. English Teaching Forum (americanenglish.state.gov/english-teaching-forum)