4 HAL DASAR YANG ORANG TUA PERLU TAHU JIKA MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Dalam sebuah keluarga, memiliki seorang anak adalah satu anugerah dari sang pencipta. Ada rasa kekurangan bila tidak memiliki seorang anak, namun apa jadinya bila anak yang di idamkan ternyata besar dan tumbuh hampir tidak sama seperti pola perkembangan yang seharusnya dilewati.

Pola perkembangan yang tidak sesuai seperti ada keterlambatan bicara atau anak memiliki kebutuhan khusus. Contohnya anak menyandang autisme atau sebagai anak berkebutuhan khusus (ABK). Sebagai orang tua tentu harus siap dan menerimanya dengan lapang dada. Penerimaan terhadap anak adalah modal dasar agar dapat memberikan pola asuh yang sesuai dengan kebutuhannya. Mengasuh adalah bagian dari kewaiban bagi orang tua namun ketika memiliki anak dengan kebutuhan khusus. tentunya menjadikan kegiatan mengasuh terlihat lebih ekstra. 

Penerapan pola asuh dengan psikologi positif adalah salah satu cara bagi orang tua agar dapat memberikan yang terbaik bagi anak. Dengan sudut pandang bahwa seseorang dapat menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri dan menumbuhkan sifat optimis pada anak.

Berikut adalah 4 hal penting dalam mengasuh anak dengan psikologi positif yang dapat diterapkan oleh orang tua.

  1. Memperlakukan anak seperti manusia seutuhnya

Penerimaan terhadap anak adalah sebuah dasar untuk dapat menerapkan pola asuh yang tepat.  Perasaan Diterima diakui dan di anggap ada oleh orang tua akan dialami dan di rasa lebih peka bagi anak. Anak-anak lahir dengan keunikanya masing – masing dan itu menjadikan sisi positif yang bisa dilihat bagi orang tua dalam menerapkan pola asuh terhadap anak. 

Perlakuan adil dan bijak oleh orang tua pada anak dan tidak adanya perbedaan kasih sayang antar anggota keluarga yang lain juga perlu di perhatikan. Nilai-nilai dalam berkehidupan, aturan sosial dan kemampuan untuk hidup berkelompok atau individu tetap harus diberikan kepada anak, sekalipun mereka adalah anak dengan kebutuhan khusus.

  1. Berikan pendidikan sesuai kebutuhannya

Pendidikan yang tepat sesuai kebutuhan anak adalah kunci yang orang tua perlu sadari bahwa anak yang terlahir dengan kebutuhan khusus memiliki kemampuan dan potensi yang juga perlu di gali dan di optimasi. Cara yang tepat digunakan bagi orang tua adalah memberikan kesempatan belajar dan hak yang sama dalam mendapat pendidikan yang sesuai dengan kebutuannya

Berkonsultasi dengan ahli sesuai bidang juga merupakan bentuk usaha yang nyata bagi orang tua, penerapan dari hasil konsultasi juga adalah bentuk komitmen orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

  1. Pendekatan dengan Anak

Sebagai orang tua, kedekatan dalam emosional adalah bagian yang tak terpisakan pada anak. Melakukan pengasuhan dengan psikologi positif didukung dengan niat untuk selalu dekat dengan anak dan memberikan kebutuhannya, akan memberikan rasa diterima dan percaya diri bagi anak. 

Kebiasaan orang tua sehari-hari perlu diperhatikan agar dapat menadi contoh bagi anak selain itu juga yang tidak kalah penting adalah keberadaan pengasuh. Ketika kedua orang tua memang sudah sibuk dengan aktivitas diluar keluarga, maka solusi bagi mereka adalah pengasuh. Namun perlu disadari dan dipahami betul bahwa keberadaan pengasuh bukan solusi utama bagi orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus. 

  1.  Optimis

Kepada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, berhentilah berfikir dan beranggapan bahwa anak tidak bisa melakukan apa-apa, karena itu adalah sebuah bentuk energi negatif yang akan dibawa seumur hidup dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus. Hasil akhir yang akan diterima adalah menjadi orang tua yang pesimis, depresi dan kalut dengan setiap perilaku anak. 

Rasa kecewa yang mendalam ini bahkan tidak memberikan efek perkembangan apapun pada anak. Untuk itu optimis adalah hal yang penting secara psikologi dalam membangun rasa tanggung jawab terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mendidik anak berkebutuhan khusus memang penuh tantangan. Tapi bukan berarti hal ini bisa jadi alasan untuk menyerah, ya. Sejatinya anak adalah anugerah dari tuhan, yang harus kita jaga dan rawat dengan baik. Special Children or Special Parents.

Penulis : Dory Agustia Rantawi S.Pd