Manfaat Membaca Buku Cerita Bersama Anak

Oleh Sukma Putri Utami, S.Psi

Kegiatan membaca bersama anak memiliki beberapa manfaat. Setuju atau tidak, Ayah Bunda? Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Yuk, coba refleksikan beberapa penjelasan berikut yang bisa dihubungkan dengan pengalaman nyata di rumah.

Sarana Mempererat Hubungan Orang Tua dan Anak
Kegiatan membaca bersama anak bisa menjadi sarana komunikasi dan mempererat hubungan dengan anak. Orang tua hadir secara nyata dan menciptakan komunikasi dua arah yang dekat bersama anak. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu sarana quality time antara Ayah Bunda dan anak di rumah.

Membantu Perkembangan Bahasa dan Literasi
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam kegiatan membaca bersama anak memiliki efek positif terhadap perkembangan bahasa dan literasi (Villiger, 2020). Saat membaca bersama orang tua, anak belajar untuk mendengar bunyi kosakata dan memperkaya pembelajaran kosakata baru. Pada anak yang lebih muda atau pra-membaca, mereka akan belajar menghubungkan bunyi yang didengar dengan gambar yang dilihat (Early Childhood Learning and Knowledge Center, 2022).

Menciptakan Ruang Diskusi Bersama Anak
Orang tua dapat memanfaatkan kegiatan membaca bersama anak untuk menghubungkan isi buku dengan pengalaman nyata di dunia. Pengalaman membaca buku tidak hanya menjadi sarana untuk perkembangan bahasa dan literasi, namun bisa menjadi kegiatan untuk pembelajaran emosi, kemandirian, kemampuan sosial, dan banyak hal lainnya. Jangan bayangkan diskusi berat seperti orang dewasa, ya! Diskusi dapat berbentuk percakapan ringan, disertai candaan, mapun nyanyian  (Opong & Tagle, 2021). Hal yang lebih penting adalah, anak senang dan menikmati kegiatan membaca bersama!

Membiasakan Budaya Membaca
Membaca bersama anak dapat menjadi sarana membangun minat awal atau ketertarikan terhadap kegiatan membaca. Pengalaman positif ketika membaca membuat anak mempersepsi bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Ini adalah langkah awal yang baik untuk membangun motivasi membaca anak! (Elisabeth, Ryzandria, Clarissa, Anggita, & Amanda, 2022, halaman 29).

Wah, bagaimana dengan pengalaman Ayah Bunda di rumah? Apa kegiatan membaca bersama anak menyenangkan? Ataukah justru banyak tantangan yang dihadapi saat membaca bersama anak? Jika Ayah dan Bunda mengalami kebingungan dan tantangan terkait parenting, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikolog dan ahli, ya!