Oleh : Kurniawan Satrio W.
Kemajuan (progress) perkembangan anak tak luput dari andil orangtua. Orang tua dan guru harus bekerja sama dan bersinergi dalam menerapkan program pembelajaran individu. Guru sebagai pendamping belajar di sekolah lalu orang tua menjaga suasana dan menerapkan pembelajaran dalam kegiatan sehari-hari di rumah. Komunikasi dan dukungan diantara keduanya sangat penting. Kesesuaian visi dan misi antar orangtua dan guru pendamping perlu dilakukan secara berkala.
Peran orangtua kepada anaknya yang berkebutuhan khusus yaitu:
Pertama, sebagai pendamping utama agar tercapainya tujuan layanan penanganan dan pendidikan anak
Kedua, sebagai advokat, yaitu mengusahakan, memahami dan menjaga hak anak mendapat layanan pendidikan sesuai karakteristik khususnya
Ketiga, sebagai sumber data yang lengkap dan benar mengenai diri anak dalam usaha intervensi perilaku anak
Keempat, sebagai guru yang berperan mendidik anak dalam kehidupan sehari-hari di luar sekolah
Kelima, sebagai penentu karakteristik dan jenis terapi yang diberikan di luar jam sekolah
Peran orang tua yang aktif, positif dan suportif berpengaruh kuat terhadap perkembangan anak. Kepercayaan orang tua terhadap guru dan anak menjadi kekuatan terciptanya pendidikan efektif. Kontribusi orang tua dapat diwujudkan dalam penerimaan dan apresiasi terhadap pendidikan atau terapi yang dijalani anak, turut serta dalam sosialisasi, dukungan biaya dan fasilitas, bimbingan belajar ataupun hal lain yang terkait dengan program dan pendidikan individu.
Sumber: Hewett dan Frenk D. 1968. The Emotionally Child In The Classroom Disorders. USA: Ellyn and Bacon, Inc