Mengembangkan Bakat Anak Berkebutuhan Khusus di Bidang Musik

Penyusun : Muhammad Fatkhurrahman, S.Pd

Setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Bakat itu bisa  berupa bakat dalam bidang olahraga, kesenian, teknologi, akademis, softskill  dan banyak  lainnya. Banyak orang berpikir bahwa bakat merupakan kemampuan yang dimiliki anak sejak lahir. Tetapi bakat seseorang dapat muncul ketika orang tersebut mampu mengasah bakatnya sehingga menjadi kemampuan yang luar biasa. Disinilah peran orang tua sangat penting yaitu orang tua harus mampu mengenali, membantu dan mengasah minat dan bakat anak. Misalnya dimulai dengan mencari tahu apa yang anak suka dan apa yang selalu dia lakukan.  Tidak hanya itu, orangtua juga bisa memulai mengembangkan bakat anak dengan bergabung pada komunitas-komunitas yang ada di lingkungan. Misalnya komunitas musik klasik, gambus dan lain-lain. Karena lingkungan juga bisa menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan bakat anak berkebutuhan khusus. Mereka akan bahagia dan lebih bersemangat untuk melakukan sesuatu hal, jika berada di lingkungan yang mendukung apa yang mereka senangi. Adakah cara untuk mengembangkan bakat anak berkebutuhan khusus misalnya di bidang musik?

Berikut tips cara mengembangkan bakat anak berkebutuhan khusus di bidang musik diantaranya:

  • Perlunya keterlibatan orangtua

Keterlibatan orangtua dalam mengembangkan bakat anak sangat diperlukan. Salah satunya memberikan dukungan anak dalam bermain musik sehingga memotivasi anak sehingga anak akan lebih percaya diri dalam bermain musik. Selain itu perlunya perhatian lebih terhadap anak dalam mengembangkan bakat bermain musik seperti membelikan alat musik piano, angklung, drum, gitar dan lain-lain.

  • Kenalkan musik klasik

Sebagai orangtua, wajar memiliki ekspektasi terhadap anak. Dengan cara memperkenalkan anak tentang musik klasik. Adapun cara mengembangkan bakatnya dengan bermain musik piano.

  • Ajarkan lagu tradisional

Lagu tradisional merupakan kekayaan negara kita dan penting diketahui anak. Untuk mengembangkan musik daerah, perlu kita ajarkan anak untuk menyanyikan lagu tradisional daerahnya masing-masing.

  • Jangan terlalu memaksakan kehendak anak

Biarkan mereka menikmati berbagai kegiatan dan melakukan kegemaran mereka. Berikan dukungan dan dorong mereka untuk berusaha. Orangtua penting mengetahui kapan mendorong anak dan kapan membiarkan mereka membuat pilihannya sendiri.

  • Berikan pujian saat anak ada kemajuan.

Bakat mereka sesuatu yang harus dipelihara dan dikembangkan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan pujian atau reward kepada anak saat mereka ada kemajuan. Sekecil apapun memberikan pujian atas kerja keras dan usaha anak dapat membangun kepercayaan diri mereka untuk terus mengembangkan minatnya dalam segala musik.